•   Jumat, 13 Desember 2019
19
November
2019

Guru Pondok Modern Al-Amanah Melaksanakan Pengoreksian Soal

Katagori Berita | Post By Admin | 250  di lihat
Print Friendly and PDF

Al-Amanah. "Al-Imtihanu fi atabatil bab"  demikian istilah yang sering diucapkan dari warga pondok ketika ujian akan datang, berbagai persiapan yang telah dilakukan oleh panitia dari pengajuan anggaran hingga tahap penetapan waktu ujian, yang tidak terlupkan dari kebiasaan guru-guru di pondok Modern Al-Amanah menjelang pelaksanaan ujian semester pertama tahun ajaran 2019-2020, adalah melaksanakan pengoreksian soal. Pada hari selasa (19/11) secara bergantian dewan guru menghadapkan soalnya pada tim pengoreksi untuk dikoreksi penggunaan bahasa serta diperiksa kualitas soalnya.


Sebelum menyusun soal terlebih dahulu seluruh guru diberikan pengarahan dan penyamaan persepsi pelaksanaan ujian  oleh Direktur KMI Ust. Arsyid Saleh dan Ust. Faisal islamy S.Pd.,M.Pd pada hari sabtu (16/11) di pendopo pondok putri Al-Amanah. Direktur menyampikan kepada segenap dewan guru bahwa dalam pelaksanaan ujian bukan hanya santri yang diuji, tapi guru juga diuji bahkan pondok pun diuji apakah mampu melaksanakn ujian dengan baik.

"setiap menjelang ujian KMI akan selalu mengadakan kegiatan pengarahan kepada seluruh dewan guru untuk persiapan ujian agar seluruh warga pondok mengetahui dan memiliki persepsi yang sama tentang ujian dipondok. Agar tidak salah mengerti tentang arti ujian di dalam pondok" ujarnya.


Sedangkan ust. Faisal menyampaikan kepada seluruh dewan guru bahwa kebiasaan pengoreksian soal sebelum diujikan sudah menjadi kebiasaan semenjak pondok ini berdiri. pengoreksian soal harus dilakukan sebab soal yang diberikan guru jangan sampai kurang dimengerti oleh anak-anak, apalagi soal ujian rata rata menggunakan bahasa Arab dan Inggris sehingga penggunaan dhomir laki-laki dan perempuan pasti berbeda.

Ujian semester ganjil akan dimulai dengan ujian syafahi (lisan) selama 5 hari yang dimulai pada tanggal 23 - 27 November 2019, dilanjutkan dengan ujian tahriri selama 11 hari. 


Ditulis oleh : Ust.Abdul Nowy,SH