•   Jumat, 13 Desember 2019
09
November
2019

Peringatan Maulid Nabi di Pondok Modern Al-Amanah

Katagori Berita | Post By Admin | 283  di lihat
Print Friendly and PDF

Al-Amanah. Pengasuhan pondok modern Al-Amanah pada hari sabtu (09/11) menyelenggarakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di lokasi tempat kegiatan santriwati. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pimpinan pondok, Direktur KMI, serta Ketua Badan Wakaf Al-Amanah dan beberap anggota, dewan guru  dan santri putra dan putri pondok Modern Al-Amanah.


Pelaksanaan acara diawali dengan pembacaan al-Qur'an oleh Ustz. Siti Asyah Uwatun Hasanah,S.Pd dilanjutkan dengan hikmah peringatan Maulid Nabi Muhammad oleh Ustz.Dian Puspita Habib,MA. Dalam uraian hikmahnya disampaikan bahwa Rasulullah adalah teladan yang baik serta paripurna yang diutus oleh Allah untuk menyempurnakan ahlak. 

"zaman jahiliah yang dikenal pada zaman rasul bukan berarti tidak ada pengetahuan, tapi justru pengetahuan saat itu sudah meningkat, hal ini dibuktikan dengan sastra bahasa yang dibuat pada zaman itu sangat baik, namun kejahiliaan pada saat itu adalah tidak adanya adab dan ahlak sehingga anak perempuan tidak berharga, bahkan sampai dikubur hidup-hidup, itulah sebabnya Rasulullah datang untuk mengajarkan akhlak" Ujarnya.


Selain itu Ustz.Dian juga menyampaikan kepada santri dan santriwati agar menjadikan momentum kegiatan peringatan Maulid Nabi, sebagai kegiatan yang bisa membantu santri dan santriwati dalam menjadikan Rasul sebagai teladan dalam hidup, serta mengajak santri untuk menciptkan pondok Modern Al-Amanah sebagai kampung damai yang berdisiplin, beradab dengan ilmu pengetahuan yang diajarkan.

Setelah uraian hikmah dilanjutkan dengan arahan serta nasehat dari pimpinan pondok Modern KH.Ahmad Karim,S.Sos.I.,M.Pd. Dalam nasehatnya pimpinan pondok menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada santri maupun santriwati yang telah membuat kegiatan cinta rasul dengan melaksanakan lomba salawat antara gedung. Selain itu pimpinan juga memberikan motivasi kepada santri dan santriwati agar menjaga ajaran yang dibawa oleh Nabi dengan mempelajari serta menghafal al-Qur'an selama berada di pondok modern untuk menjadi bekal hidup setelah kembali di masyarakat.


Pada peringatan ini, pengasuhan santri juga menyelenggarakan lomba salawat antara gedung sepondok modern Al-Amanah. terdapat 8 gedung yang ikut serta dalam loma tersebut yang terdiri dari 4 gedung dari putra dan 4 gedung dari putri serta 1 penampilan dari dewan guru KMI. Selain itu ada juga lomba kreatifitas membuat pohon male (telur) yang dilombakan antara kelas.

Sebelum penutupan kegiatan ketua Badan Wakaf Pondok Modern Al-Amanah Ust.Jafar Karim,S.Pd.,M.Hum megajak seluruh keluarga pondok yang hadir untuk sama-sama berdoa semoga pondok terus berjalan dan berkembang sesuai dengan yang dicita-citakan serta menjadi amal jariah untuk pendiri yakni KH.M.SyahurddinSaleh,MA. 

Setelah pembacaan doa dilanjutkan  dengan pengumuman hasil lomba dan penyerahan hadiah bagi peserta yang berprestasi dalam lomba-lomba tersebut.


Ditulis : Ust.Abdul Nowy,SH