•   Jumat, 22 November 2019
19
Oktober
2019

Ust.Arsyid : Apa Yang Dilihat, Didengar dan Dirasakan Santri adalah Pendidikan

Katagori Berita | Post By Admin | 219  di lihat
Print Friendly and PDF

Al-Amanah. Direktur KMI pondok modern Al-Amanah Ust.Arsyid Saleh,S.Pd.I.,M.Pd memberikan pengarahan kepada seluruh wali kelas sepondok pesantren Al-Amanah pada hari sabtu (19/10) di Kantor Badan wakaf Al-Amanah. Pengarahan tersebut dalam rangka tehnikal meeting persiapan kegiatan yang menunjang keterampilan berbahasa santri pada peringatan hari santri Nasional pada tanggal 22 oktober nanti.

Direktur KMI mengajak seluruh wali kelas untuk aktif, menemani, membina dan mengawasi santri perwaliannya baik putra maupun putri dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba-lomba antara kelas yang akan diselenggarakan pada hari santri nanti. Meskipun waktu latihan yang sedikit namun proses latihannya itu adalah bagian dari pendidikan.

"Kita berusaha menjaga lingkungan pendidikan di pondok ini, dengan falsafat yang kita anut yakni apa yang kita lihat, yang kita dengar dan kita rasakan adalah pendidikan. Oleh karena itu wali kelas mempunyai peran yang sangat besar dalam menjaga semua ini. Apalagi lomba-lomba yang diselenggarakan sangat membantu untuk meningkatkan bahasa di dalam pondok" ujar Direktur.

Ust.Arsyid juga menambahkan bahwa waktu latihan yang sedikit adalah tantangan untuk wali kelas, karena dituntut lebih giat untuk memanfaatkan waktu sebaik baiknya dalam melatih mengarahkan serta mengoreksi teks drma yang disiapkan oleh perwaliannya. Karena yang selalu diutamakan di pondok adalah prosesnya bukan hasil akhirnya.


Panitia penyelenggara lomba ust.Arman S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan lomba pada peringatan hari santri tahun ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbahasa santri dan santriwati melalui program bernyanyi dan drama. dengan tema santri Liabuku berkarakter dan berbudaya.

Adapun lomba yang akan diselenggarakan adalah lomba volksong dengan bahasa Inggris, lomba marawis serta lomba drama antara kelas serta lomba memasak. Selain lomba tersebut akan dilaksanakan juga lomba kebersihan kelas, dengan memberikan kesempatan kepada seluruh kelas untuk melukis, mendesain ruang kelasnya yang bisa buat nyaman dan aman dalam belajar

"Kita berharap melalui kegiatan ini jiwa ukhuah Islamiyah antara sesama santri dengan wali kelas semakin dekat. Dan yang paling penting adalah meningkatkan animo santri dan santriwati untuk belajar bahasa Arab dan Inggris melalui berbagai macam media dan salah satunya adalah lagu" ujarnya.

Ust.Arman juga menambahkan bahwa pada saat lomba masak nanti santri dan santriwati akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan bahan makanan yang digunakan dengan bahasa Arab untuk kelas 1 dan 2, sedangkan untuk kelas 3 sampai 6 dengan menggunakan bahasa Inggris. Maka secara tidak langsung kegiatan ini membantu santri untuk memperbanyak perbendaharaan kosa kata yang diketahui.

Pelaksanaan lomba akan dimulai pada tanggal 20 Oktober dan berakhir pada tanggal 22 Oktober 2019. Pada hari terakhir juga akan dilaksanakan laucing edisi perdana buletin tahunan pondok Modern Al-Amanah yang disebut dengan MENARA (Media Nusantara). Buletin tersebut akan dibagikan kepada seluruh santri dan santriwati sebagai wujud lapooran pertanggung jawaban pondok kepada orang tua dan masyarakat terkait aktifitas di dalam pondok selama 1 tahun ajaran.


Ditulis oleh : Admin Website