•   Sabtu, 28 November 2020
09
Januari
2020

Santri Kelas Akhir Melaksanakan Tarbiyah Amaliyah

Katagori Berita | Post By Admin | 937  di lihat
Print Friendly and PDF

Al-Amanah. Menjadi guru yang ideal adalah salah satu tujuan Pondok Modern Al-Amanah dalam melahirkan generasinya. Karena dengan guru yang ideal, akan lahir generasi yang ideal pula. Ideal dalam bertidak, berpikir, dan bergerak. Salah satu upaya untuk menghadirkan tuan tersebut adalah dengan melaksanakan praktek mengajar/tarbiyah amaliyah bagi santi kelas akhir KMI Al-Amanah.

Pada hari kamis (09/01) santri kelas akhir KMI, mulai melaksanakan praktek tarbiyah Amaliyah dengan pengawasan dan bimbingan dari guru-guru senior dan diikuti oleh seluruh siswa kelas akhir serta menjadikan buku tarbiyah amaliyah sebagai referensi dalam pelaksanaannya. Santri putra melaksanakan tarbiyah amaliyah perdana di kelas 3 di ruang laboratorium IPA, sedangkan putri melaksanakan praktek mengajar perdana di pendopo Al-Amanah.


Direktur KMI Ust.Arsyid Saleh pada pembukaan kegiatan Amaliyah menyampaikan kepada seluruh santri kelas akhir bahwa Kulliyatu-l Mu’alimin Al-Islamiyah identik dengan lembaga persemaian guru. Para siswa KMI dididik agar mampu mengajar atau menjadi guru, sehingga prinsip keguruan yang menjadi pedoman pondok  adalah “Cara mengajar lebih penting dari pada materi, tetapi guru justru lebih penting dari pada sistem itu sendiri”. Maka perlu bagi siswa kelas enam KMI Pondok Modern Al-Amanah atau para calon guru untuk mengetahui dan memahami sistem dan metode yang efektif dalam mengajar disamping menghayati jiwa-jiwa keguruan sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dengan metode yang efisien serta lebih membuahkan hasil yang berkualitas.

" Untuk mengahadapi masa depan yang terus berkembang dituntut adanya pelaksana-pelaksana pendidikan yang berkualitas dan berwawasan luas agar dapat berperan secara konstruktif dalam berbagai bidang. Dalam menigkatkan kwalitas peserta didik, pendidik atau guru memegang peranan sangat penting. Peningkatan mutu siswa-siswi bisa dimulai dengan menggali potensi para calon guru dalam kegiatan belajar-mengajar. Atas dasar ini dirasa perlu adanya praktek mengajar (At-Tarbiyah Al-Amaliyah) bagi siswa kelas enam KMI Pondok Modern Al-Amanah  dengan maksud menggali potensi siswa dalam kemampuan mengajar dan kemampuan mengevaluasi kegiatan sehingga menemukan sosok guru yang berkualitas dan berorientasi pada masa depan"ujar Direktur.


Pelaksanaan Tarbiyah Amaliyah perdana  di Pondok putri menjadi pembimbing Amaliyah Ust.Amir Karim,S.Pd.I, sedangkan di putra pembimbingan perdana oleh pimpinan pondok Modern Al-Amanah Kh.Ahmad karim,S.Sos.I.,M.pd. Pelaksanakan tarbiyah amaliyah dijadwalkan berlangsung selama 10 hari yang akan diikuti oleh 65 santriwati dan 27 santri, sesuai dengan pelajaran dan kelas yang ditentukan oleh bagian KMI.

Ditulis : Tim Menara Al-Amanah