•   Jumat, 13 Desember 2019
04
Agustus
2019

Demonstrasi Bahasa Santri Darussalam

Kegiatan Santri | Post By Admin
Print Friendly and PDF

Kegiatan demonstrasi bahasa adalah lomba pidato bahasa daerah yang dilaksanakan antara konsulat sebagai bagian dari kegiatan Porseni Santri Darussalam. Berbagai macam bahasa daerah ditampilkan oleh santri-santri pada kegiatan tersebut.

Pengasuh pondok pesantren Darussalam Ust. Abdul Muizzu,S.Kom.I ketika membuka acara menyampaikan bahwa pelaksanaan lomba bahasa daerah bukan berarti bahwa pondok mengizinkan santri santri untuk berbahasa daerah di dalam pondok, tapi ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada santri secara keseluruhan bahwa santri yang ada dalam pondok ini berasal dari berbagai daerah,suku dan bahasa sehingga diperlukan jiwa ukhuah islamiyah untuk membina persatuan dan kesatuan sebagai santri pondok pesantren Darussalam karena falsafah pondok ini adalah pondok berada diatas, dan untuk semua golongan.

Konsulat wolio tampil dengan bahasa wolio, konsulat Buton Utara menampilkan bahasa Kulisusu, konsulat maluku menampilkan bahasa maluku, konsulat papua dengan bahasa papua, Konsulat bungi lea-lea juga menampilkan bahasa wolio, konsulat Buton Tengah menampilkan bahasa Gu, Buton selatan menampilkan bahasa Cia-cia, sedangkan bahasa Bombana menggunakan bahasa Wajo.

Bahasa resmi yang digunakan di dalam pondok pesantren Darussalam adalah bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa Komunikasi keseharian santri di dalam asrma pondok pesantren Darussalam