•   Jumat, 22 November 2019
06
November
2019

Pelatihan Menjahit dan Membuat Roti

Kegiatan Santri | Post By Admin
Print Friendly and PDF

Santriwati pondok putri Al-Amanah mengikuti pelatihan membuat roti dan pelatihan menjahit yang diselenggarakan oleh pengasuhan santri dengan memanfaatkan bantuan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 1 bulan dengan peserta diambil secara acak dari tiap kelas.

Sekretaris Pondok Modern Al-Amanah Ust.Ramsul Hasan,S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa di pesantren Liabuku telah ada kegiatan keterampilan yang dilaksanakan sebagai upaya menghadirkan santri yang berpengetahuan luas dan mempunyai jiwa kemandirian. Diantara kegiatan tersebut adalah kegiatan menjahit dan membuat roti. Ke-2 kegiatan ini juga telah menjadi usaha ekonomi produktif pondok dalam membangun kemandirian.

"Pada tahun 2019, pondok mendapatkan bantuan untuk mengembangkan kegiatan wirausaha yang telah berjalan di dalam pondok untuk dilatih kepada peserta didik. Bantuan tersebut diperoleh melalui proposal yang diajukan ke kementerian pendidikan dan Kebudayaan untuk pengembangan keterampilan, selanjutnya diverifikasi oleh Tim dari Direkotrat untuk kelayakan menerima bantuan. Berdasarkan hasil verifikasi pondok modern Al-Amanah dianggap layak untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan kegiatan yang diselenggarakan yakni pelatihan menjahit dan tata boga yang meliputi pembuatan roti dan pembuatan abon ikan" uajrnya

Pelatihan menjahit yang diikuti santriwati akan dibagi dalam 3 kelompok, yakni kelompok dasar dengan membuat taplak meja dan umbul-umbul, kelompok ke-2 membuat jubah sedagkan kelompok ke-3 membuat rok. sedangkan untuk tata boga akan difokuskan pada pembuatan roti dan abon ikan, disesuaikan dengan pealatan keterampilan yang telah tersedia di dalam pondok. 

Ditulis : Tim Menara