•   Selasa, 01 Desember 2020

Panca Jangka Pondok Modern Al-Amanah

Dalam rangka mengembangkan dan memajukan lembaga pendidikan pondok modern Al-Amanah Liabuku, dirumuskanlah Panca Jangka yang merupakan program kerja pondok yang memberikan arah dan panduan untuk mewujudkan upaya pengembangan dan pemajuan tersebut. Adapun Panca Jangka itu meliputi pada bidang-bidang sebagai berikut :

1.  Pendidikan dan Pengajaran

Maksud jangka ini adalah berusaha secara maksimal unttuk meningkatkan dan menyempurnakan pendidikan dan pengajaran di Pondok Modern Al-Amanah. Dalam sejarah pondok modern Al-Amanah tercatat bahwa proses pendidikan dang pengajaran diawali dengan pendirian Taman Pendidikan al-Qur'an (2000), tepatnya pada tahun 2001 program Kulliyatul Mu'allimin al-Islamiyah (KMI) dimulai dengan melaksanakan pendidkan formal yang terdiri dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dengan izin operasional penyelenggara dari Kementerain Agama. Pada tahun 2006 KMI Al-Amanah menyelenggarakan pendidikan formal Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sekolah Menengah Atas (SMA) dengan izin operasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun cita-cita selanjutnya adalah mendirikan perguruan tinggi yang juga merupakan cita-cita dari pendiri pondok Modern Al-Amanah.

2.  Kaderisasi

Sejarah telah banyak mencatat bahwa banyaknya pondok pesantren yang maju dan terkenal, tetapi kemudian mundur bahkan ditutup setelah pendirinya meninggal dunia, Diantara faktor terpenting yang menyebabkan kemunduran ataupun ditutupnya pondok pesantren tersebut adalah tidak adanya program kaderisasi yang baik. Bercermin pada kenyataan tersebut, maka pondok modern Al-Amanah memberikan perhatian terhadap upaya penyiapan kader-kader yang akan melanjutkan dan mengembagkan cita-cita pondok modern.

3. Pergedungan

Program ini adalah dengan memberikan perhatian kepada upaya menyediakan prasarana serta sarana yang menunjang serta layak digunakan oleh santri dan dewan guru dalam mengikuti  proses pendidikan dan pengajaran di pondok Modern. 

4.  Chizanatullah

Diantara syarat terpenting bagi sebuah lembaga pendidikan agar tetap bertahan hidup dan berkembang adalah memiliki sumber dana sendiri. Sebuah lembaga yang hanya menggantungkan hidupnya kepada bantuan pihak lain yang belum tentu didapat tentu tidak dapat terjamin keberlangsungan hidupnya. Bahkan hidupnya seperti ilalang di atas batu, Hidup enggan, mati tak hendak".

5. Kesejahteraan Keluarga Pondok

Jangka ini bertujuan untuk memperdayakan kehidupan keluarga0keluarga yang membantu dan bertanggung jawab terhadap hidup dan matinya pondok secara langsung, sehingga mereka itu tidak menggantungkan kehidupannya kepada pondok. Mereka itu hendaknya dapat memberi penghidupan kepada pondok sesuai dengan semboyan "Hidupilah pondok dan jangan menggantungkan hidup kepada pondok".