Al Amanah Darussalam
SEKILAS INFO
24-05-2019
  • 1 bulan yang lalu / Periode Pendaftaran Santri Baru Tahun Akademik 2019 sudah dibuka… Silahkan melakukan Pendaftaran di menu Daftar…
  • 1 bulan yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Pondok Pesantren Liabuku…..
10
May 2019
0
Santri Pesantren Liabuku Isi Ceramah di Mesjid

Liabuku. Pengasuhan santri pondok pesantren Darussalam Liabuku menugaskan kepada santri kelas 5 KMI untuk mengisi ceramah di mesjid-mesjid di daerah kecamatan Bungi dan Lea-Lea. Kegiatan ini bertujuan  untuk mewujudkan salah satu tujuan pendidikan pondok adalah kemasyarakatan sekaligus menjadi tempat santri mendapatkan pendidikan mental.

Pengasuh pondok pesantren Darussalam Liabuku Ust. Abdul Muizzu,S.Kom.I menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan tahunan setiap bulan suci Ramadhan. Setelah santri kelas 1 sampai 3 libur maka Santri dan santriwati kelas 4 dan 5 dizinkan untuk pulang ke daerah asal masing-masing selama 4 hari untuk mengisi ceramah di mesjid, Taman Pendidikan al-Qur’an dan Majlis Ta’lim di kampung kampung. Sekembalinya di pondok maka santri  harus membawa bukti berupa surat keterangan yang menjelasakan bahwa benar-benar telah melaksanakan pengabdian di masyarakat dengan berceramah di mesjid atau di TPA dari pengurus mesjid atau dari orang tua.

“Untuk program ceramah di kawasan kecamatan Bungi dan Lea-lea baru tahun ini dimulai, Setiap malam genap di bulan ramadhan 10 orang santri di tugaskan untuk solat di 5 mesjid di daerah kecamata Bungi dan Lea-lea. 1 Mesjid terdapat 2 Santri yang bertugas untuk  menjaga jika penceramah yang dijadwalkan tidak hadir maka dengan izin dari pengurus mesjid setempat maka santri yang  menjadi naib untuk mengisi ceramah di mesjid yang tidak ada penceramahnya. Sedangkan pada malam ganjil biasanya ada Tim Dakwah dari Kota Baubau yang mengisi ceramah.

Guru pembina kelas 5 sekaligus pendamping ust. Zaki Rahman,S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa remaja-remaja mesjid mengucapkan terima kasih kepada pondok karena sudah membantu dalam pengisian ceramah, karena biasanya jika  penceramah yang sudah dijadwalkan tidak hadir maka usai solat isya langsung dilaksanakan solat tarawih dan witir.

Program ceramah di daerah asal pada tahun ini diperuntukan untuk santri dan santriwati kelas 4 dan 5 KMI. Kegiatan ini akan dimulai setelah santri dan santriwati kelas 1 sampai 3 berlibur. Sesuai kalender akademik untuk santri dan santriwati kelas 1 sampai 3 yang telah menyelesaikan muqarar hafalan al-Qur’annya akan memulai melaksanakan program tabadulil a’mal pada pada tanggal 12 Mei sampai dengan 26 Juni 2019, sedangkan santri dan santriwati yang belum menyelesaikan hafalannya belum diumumkan oleh Direktur KMI.

 

Admin.

 

Print Friendly, PDF & Email

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Galeri Video

Website Ponpes Liabuku

Ini adalah website resmi Pondok Pesantren Liabuku dengan template dan desain baru. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang Pondok Pesantren Liabuku di website ini.

Ponpes Liabuku

%d bloggers like this: